Preferensi unik masyarakat Indionesia yang lebih memilih MPV dibandingkan tipe lainnya menjadikan segment MPV menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, di tahun 2016, segment Low MPV saja menyumbang penjualan sekitar 250rb unit. Di segment ini bertarung nama-nama besar seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, Spin, Evalia, Grand Max dll., dimana sang jawara masih dipegang oleh Avanza yang terjual sekitar 122.5rb unit. Belum lagi jika digabung dengan saudara kembarnya Xenia yang terjual sekitar 44.7rb unit, maka duo Avanza Xenia ini meraup pangsa pasar 68%. Pabrikan lain yang berusaha merebut pasar Low MPV ini seperti dibuat tak berdaya menghadapi kedigjayaan sang saudara kembar. Bahkan Chevrolet Spin dipaksa untuk discontinue dan menutup pabriknya di Indonesia.
Di quarter ketiga 2017 ini, segment Low MPV semakin dipanaskan dengan kemunculan Wuling Confero dan Mitsubishi XM Concept (Xpander), dimana kedua pabrikan ini telah menyiapkan amunisi dan senjata pamungkasnyauntuk merebut segment yang manis ini. Menarik untuk disimak, berarti hampir semua pabrikan Jepang telah bertarung di segment ini, dan bila ditambah dengan kehadiran Wuling, maka pantaslah kalau tahun ini disebut sebagai Great War “Low MPV”
0 komentar:
Posting Komentar